» » » » Tahu Bakso

5 April 2015


tahu bakso


Tahu bakso itu favorit waktu kecil.  Tiap ibu pergi ke pasar Bangsri selalu minta jajan pasar tahu bakso ini.  Tadi mencoba membuat tahu bakso, rasanya ehmmmm melayang...tahu seperti yang dulu ibu beli di pasar.


Prinsip dasar membuat tahu bakso adalah tahu pong yang diisi dengan adonan bakso, lalu dikukus hingga matang.  Baru mencoba sekarang, karena baru ketemu dengan tahu pong di pasar Simpang Limun Medan.  Tahu ini seperti tahu goreng yang bagian tengahnya berlubang.  Tahu tinggal diisi dengan adonan bakso, lalu jadi dech...


Sebelum ketemu dengan tahu pong ini, mencoba membuat tahu bakso dengan tahu putih.  Tahu putih mudah hancur, ribet dan penampilan kurang karena pecah.  Mengakali tahu agar tidak pecah dengan direbus terlebih dahulu.  Proses memasak ribet, jadi yang ada malas mengulang memasak.


Membuat adonan bakso yang utama adalah mempunyai alat, kitchen maschine atau chopper.  Dengan alat ini, adonan bakso dapat tercampur rata sehingga bakso setelah matang menjadi kenyal.  Adonan bakso berupa campuran daging giling, dada ayam, telur, tapioka dan bumbu.  Perbandingan daging giling dan dada ayam, sesuai selera.  Semua perbandingan bisa menjadikan bakso enak dan kenyal asal digiling rata dengan chopper.


Daging giling dan dada ayam saat digiling dengan chopper harus dalam kondisi beku.  Biasanya selalu sedia daging giling yang sudah di takar secukupnya (150 -200 g) dalam kantung plastik kemudian disimpan di freezer.  Demikian juga selalu mempunyai stok dada ayam beku.  Saat akan di buat bakso tinggal diambil dari freezer.


chopper

Berikut resep tahu bakso by Sat Rahayuwati

Tahu Bakso

Bahan yang diperlukan

150 g daging sapi giling beku
300 g dada ayam beku
5 siung bawang putih rajang kasar
1 1/2 sdt garm
1 1/2 sdt royko
1 buah telur
50 g tepung tapioka

19 buah tahu pong


Cara membuat

1. Potong daging giling dan dada ayam beku, kotak kecil.

2.  Masukkan dalam chopper: daging giling, dada ayam, telur, bawang putih, garam, tapioka, royko.  Nyalakan mesin, blender hingga halus.

3. Gunting satu sisi tahu lalu isi dengan adonan bakso.  Bisa juga tahu dipotong segitiga lalu isi dengan adonan bakso.

4.  Kukus tahu bakso kurang lebih 30 menit.  Tahu siap dimakan dengan ceplusan cabai rawit.



Tahu bakso dikukus hingga matang kurleb 30 menit




Tahu bakso siap disajikan


****

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 komentar:

  1. mba klo daging sapi dan ayam nya tidak beku hanya dingin saja ada pengaruh kah ke tekstur dan rasanya? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Penni..sebaiknya menggunakan daging beku tidak dingin. Jika daging hanya dingin, maka bakso tidak bisa kenyal. Bakso bisa bulat tapi tidak kayak beli di warung. Saya sudah membuktikan. Waktu itu kelamaan mengeluarkan daging dari freezer. Daging sudah tidak beku lagi. Karena sudah kadung niat buat bakso, daging dingin di giling saja. Ternyata hasil bakso tidak maksimal...

      Hapus
  2. Terima kasih resep tahu baksonya. Sangat membantu sekali

    BalasHapus